Wajar jika kemudian banyak guru yang bingung saat melakukan pemilihan kode mapel. Dalam daftar pilihan kode mapel yang ditampilkan layanan Simpatika, kadang, menghadirkan beberapa kode mata pelajaran yang mirip (kode berbeda untuk mata pelajaran yang sama).
Sebenarnya, tentang bagamana cara memilih kode mata pelajaran yang tepat telah pernah Ayo Madrasah ulas di artikel Daftar Kasus dan Solusi Terkait Pendaftaran Sergur Kemenag 2017.
Dalam artikel tersebut telah dijelaskan tahapan dan cara memilih kode mata pelajaran yang tepat. Serta telah diberikan contoh cara memilih kode mata pelajaran untuk salah satu mata pelajaran. Namun ternyata masih ada juga yang bingung dan ragu-ragu.
Karena itulah akhirnya Ayo Madrasah menyusun daftar kode mapel untuk pendaftaran sertifikasi guru. Daftar ini juga telah diperkaya dengan daftar serupa yang diposting di grup facebook Operator Madrasah Indonesia (SIMPATIKA - EMIS).
1. Cara Pemilihan Kode Mapel Calon Peserta Sertifikasi Guru
Untuk memilih kode mata pelajaran saat melakukan pendaftaran calon peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017, idealnya adalah sesuai dengan ijazah (kualifikasi pendidikan) sekaligus sesuai dengan mapel yang diampu yang tertulis dalam riwayat mengajar di masing-masing akun Simpatika.
Namun sering kali kondisi ideal itu tidak bisa dilakukan. Bisa jadi antara mapel yang diampu dan kualifikasi pendidikan tidak sesuai.
Jika hal ini terjadi, pemilihan dapat disesuaikan dengan salah satu kondisi di atas. Tentunya dengan memperhatikan jenjang dan kondisi di RA/Madrasah masing-masing.
Meski belum ada ketentuan pasti, beberapa pihak, menyarankan untuk memilih sesuai dengan mata pelajaran yang diampu (riwayat mengajar di Simpatika).
Daftar disusun berdasarkan jenjang. Terdiri atas Daftar kode mapel untuk Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).
2. Daftar Kode Mapel untuk Pendaftaran Sertifikasi Guru Jenjang RA
NO | MATA PELAJARAN | KODE MAPEL |
---|---|---|
1 | Guru Kelas RA | 021 |
3. Daftar Kode Mapel untuk Pendaftaran Sertifikasi Guru Jenjang MI
NO | MATA PELAJARAN | KODE MAPEL |
---|---|---|
1 | Guru Kelas MI | 028 |
2 | Al Quran Hadits | 236 |
3 | Akidah Akhlak | 235 |
4 | Fiqih | 237 |
5 | Sejarah Kebudayaan Islam | 238 |
6 | Bahasa Arab | 239 |
7 | Pandidikan Jasmani dan Kesehatan | 220 |
8 | Seni Budaya | 217 |
9 | Bahasa Inggris | 157 |
4. Daftar Kode Mapel untuk Pendaftaran Sertifikasi Guru Jenjang MTs
NO | MATA PELAJARAN | KODE MAPEL |
---|---|---|
1 | Al Quran Hadits | 236 |
2 | Akidah Akhlak | 235 |
3 | Fiqih | 237 |
4 | Sejarah Kebudayaan Islam | 238 |
5 | Bahasa Arab | 239 |
6 | Pendidikan Kewarganegaraan | 154 |
7 | Bahasa Indonesia | 156 |
8 | Matematika | 180 |
9 | Ilmu Pengetahuan Alam | 097 |
10 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 100 |
11 | Pandidikan Jasmani dan Kesehatan | 220 |
12 | Seni Budaya | 217 |
13 | Bahasa Inggris | 157 |
14 | Bahasa Daerah | 062 |
15 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 224 |
16 | Keterampilan | 227 |
17 | Bimbingan dan Konseling (Konseler) | 810 |
5. Daftar Kode Mapel untuk Pendaftaran Sertifikasi Guru Jenjang MA
NO | MATA PELAJARAN | KODE MAPEL |
---|---|---|
1 | Al Quran Hadits | 236 |
2 | Akidah Akhlak | 235 |
3 | Fiqih | 237 |
4 | Sejarah Kebudayaan Islam | 238 |
5 | Bahasa Arab | 239 |
6 | Pendidikan Kewarganegaraan | 154 |
7 | Bahasa Indonesia | 156 |
8 | Matematika | 180 |
9 | Pandidikan Jasmani dan Kesehatan | 220 |
10 | Seni Budaya | 217 |
11 | Bahasa Inggris | 157 |
12 | Biologi | 190 |
13 | Fisika | 184 |
14 | Kimia | 187 |
15 | Ekonomi | 210 |
16 | Sosiologi | 214 |
17 | Antropologi | 215 |
18 | Geografi | 207 |
19 | Sejarah | 204 |
20 | Bahasa Jerman | 160 |
21 | Bahasa Perancis | 164 |
22 | Bahasa Mandarin | 174 |
23 | Bahasa Jepang | 170 |
24 | Bahasa Daerah | 062 |
25 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 224 |
26 | Keterampilan | 227 |
27 | Bimbingan dan Konseling (Konseler) | 810 |
Demikianlah tabel kode mata pelajaran yang sebaiknya dipilih dalam pengajuan pendaftaran calon peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017 melalui layanan Simpatika. Daftar kode mapel sertifikasi ini hanya saran, pilihan tetap ada di tangan masing-masing PTK.
No comments:
Post a Comment